UPACARA DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI PRAMUKA PADA 14 AGUSTUS 2023






Surakarta- Madrasah Aliyah Al-Muayyad Surakarta mengadakan upacara dalam rangka memperingati hari pramuka pada Senin 14 Agustus 2023 (14/08)

Kegiatan upacara dalam rangka memperingati hari pramuka ini diikuti oleh seluruh siswa/siswi, guru dan staff karyawan Madrasah Aliyah Al-Muayyad Surakarta yang bertempat di halaman Madrasah Aliyah Al-Muayyad Surakarta yang berlangsung dengan khidmat.

Hari Pramuka 2023 jatuh pada Senin, 14 Agustus 2023. Sejarah lahirnya Gerakan Pramuka ditandai dengan penyerahan panji-panji Pramuka oleh Presiden Soekarno kepada tokoh-tokoh Pramuka. Sebelumnya, pada 30 Juli 1961 bertempat di Istora Senayan, seluruh tokoh–tokoh kepanduan indonesia menyatakan menggabungkan diri dengan orgnaisasi gerakan Pramuka.

Hari bersejarah ini disebut sebagai Hari Ikrar Gerakan Pramuka. Tema Hari Pramuka 2023 adalah "Sumber Daya Manusia yang Profesional".  Secara keseluruhan makna tema Hari Pramuka 2023 ini adalah diharapkan bisa membangun citra positif gerakan pramuka ke depan dengan mempersiapkan dan melibatkan sumber daya manusia yang profesional dan proporsional. 


Sejarah Hari Pramuka di Indonesia ditandai dengan munculnya cabang milik Belanda dengan nama Nederlandesche Padvinders Organisatie (NPO) pada 1912.  Dirangkum dari laman Museum Sumpah Pemuda, pada 1916 organisasi tersebut berubah nama menjadi Nederlands Indische Padvinders Vereniging (NIVP). Di tahun yang sama, Mangkunegara VII membentuk Organisasi Kepanduan pertama Indonesia dengan nama Javaansche Padvinder Organisatie (JPO). 

Oleh: Az Zahra Ramadhani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Design by Cak Imin | | Agus Muhaimin