MUSABAQOH TILAWAT QUR'AN (MTQ) DAN MUROTAL QUR'AN (MQ) TINGKAT SMA/SEDERAJAT SE-SOLO RAYA 2023






Surakarta- Madrasah Aliyah Al Muayyad Surakarta mengikuti lomba MTQ dan MQ Tingkat SMA/Sederajat se Solo Raya (27/09)

Musabaqah Tilawatil Quran adalah festival keagamaan Islam Indonesia yang diadakan di tingkat nasional yang bertujuan untuk mengagungkan Al Quran. Pada festival ini, peserta berlomba mengaji Al-Qur'an dengan menggunakan Qira'at. MTQ didirikan oleh organisasi Nahdlatul Ulama yang pada awalnya MTQ ini di bawahi oleh JQH.

Murottal Quran adalah istilah yang merujuk pada rekaman suara atau bacaan Al-Quran yang dilakukan oleh seorang qari (orang yang memiliki keahlian dalam membaca Al-Quran dengan tartil dan tajwid yang baik). Murottal merupakan singkatan dari "murajaah tilawah", yang berarti mendengarkan atau membaca Al-Quran dengan baik dan benar.

Lomba MTQ merupakan upaya untuk mencapai tujuan Pendidikan Nasional dan juga sebagai wadah untuk mengembangkan kompetensi dasar agama (religious), kreatiif (creativity), berfikir kritis (critical thinking), berkomunikasi dengan baik (communication), dan mampu berkerjasama dengan yang lain serta dalam rangka mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat peserta.

 “Dalam mengikuti perlombaan ini saya telah mempersiapkan dari jauh-jauh hari agar dapat tampil secara maksimal, adapun persiapan yang saya lakukan seperti muroja’ah setiap setelah jama’ah sholat shubuh dan maghrib, bimbingan dengan guru tilawah, dan juga berlatih dengan teman teman saya “ ucap Zahra Kurnia selaku peserta lomba

Berikut siswa dan siswi Madrasah Aliyah Al Muayyad Surakarta yang turut mengikuti lomba MTQ dan MQ :

1. Tsabit Maula Ahmad

2. Muhammad Barran Najih

3. Zahra Kurnia Rahmadani

4. Rohmah Nur Latifah

Adapun siswa Madrasah Aliyah Al Muayyad Surakarta yang berhasil meraih juara yaitu :

1. Tsabit Maula Ahmad ( Juara 2 Musabaqoh Tilawatil Qur'an)

2. Muhammad Barran Najih  ( Juara Harapan 1 Musabaqoh Tilawatil Qur'an)

 

Oleh : Sabrina Azzahra 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Design by Cak Imin | | Agus Muhaimin