LOMBA HADROH DALAM RANGKA HARI SANTRI 2022 DAN RANGKAIAN SATU ABAD NAHDLATUL ULAMA KOTA SURAKARTA





Surakarta-Madrasah Aliyah  Al-Muayyad Surakarta mengikuti festival lomba hadroh yang di selenggarakan oleh PCNU Kota Surakarta yang bertempat di Pamedan Puro Mangkunegaran Kota Surakarta (26-27\11\2022).

    Hadrah adalah sebuah musik yang bernafaskan Islami yaitu dengan melantukan Sholawat Nabi diiringi dengan alat tabuhan dengan alat tertentu. Tujuan kesenian Hadroh adalah untuk mengembangkan dan melestarikan kesenian-budaya, khususnya kesenian budaya Islam, menambah rasa kecintaan kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW. Seni hadrah diperkirakan mulai diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia pada abad ke-13 H,dibawa oleh seorang ulama besar dari negeri Yaman yang bernama Habib Ali bin Muhammad bin Husain Al- Habsyi (1259-1333H/1839-1931 M). la datang ke Indonesia dengan misi dakwah Islam. Siswa madrasah Aliyah mengikuti festival lomba hadroh yang diadakan oleh PCNU Kota Surakarta.Festival ini diadakan dalam rangka Hari Santri 2022 dan Rangkaian Satu Abad Nahdlatul Ulama Kota Surakarta.

   Pada lomba hadroh kali ini madrasah aliyah Al-Muayyad membawakan beberapa lagu diantaranya, terdapat lagu wajib yaitu, Ya Lal Wathon dan lagu pilihan yaitu, Joko Tingkir. Tak lupa didalamnya disisipi dengan atraksi dari peserta lomba hadroh 

Pada acara ini madrasah aliyah Al Muayyad berhasil memenangkan juara 1 pada lomba hadroh. Lomba ini diikuti oleh 12 orang perwakilan Siswa madrasah aliyah. Para peserta berpenampilan sangat menarik dan antusias. Para penonton juga tidak kalah meriah menyaksikan para peserta. persiapan para siswa untuk mengikuti lomba ini sangat matang dikarenakan para siswa sangat lihai dalam menabuh rebana. Disamping itu, para siswa merupakan santri PP Al Muayyad Surakarta, jadi sudah terbiasa dengan alat music ini ditambah Latihan yang dilakukan hampir setiap harinya.

 Dikutip oleh : Triandita Nafisa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Design by Cak Imin | | Agus Muhaimin