PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK) MA AL-MUAYYAD SURAKARTA TAHUN 2022

PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (ANBK) 
MA AL-MUAYYAD SURAKARTA TAHUN 2022

Surakarta– Madrasah Aliyah Al-Muayyad melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) (Senin-Selasa, 29-30 Agustus 2022) yang bertempat di MA Al-muayyad. (Senin, 29/08 – selasa,30/08 )
.
ANBK adalah salah satu bentuk evaluasi sistem pendidikan oleh kementrian pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah yang dilaksanakan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan,  Riset,dan  Teknologi Republik Indonesia. ANBK tersebut di bagi menjadi 2 sesi yaitu, sesi satu berupa materi literasi dan evaluasi karakter, sedangkan sesi skedua adalah numurasi dan evaluasi lingkungan sekolah.

Kegiatan ANBK pada hari pertama dan kedua berjalan dengan lancar yang diikuti 45 siswa-siswi. Pengawas ANBK dari MA Al-Kahfi Surakarta yaitu Bapak Agus Yulianto,S.Pd. dan Bapak Khoerul Faizin ,S.Ag. yang diawali dengan doa bersama dan pebacaan aturan pelaksnaan ANBK.

“Tujuan ANBK bukan untuk menggantikan UN tapi untuk pemetaan mutu  pendidikan madrasah agar mengetahui kemampuan siswa dan siswi dari sekolah tersebut.Secara teknis pelaksanaan ANBK berjalan lancar tanpa adanya kendala kuncinya adalah jangan buka yang aneh-aneh insyaallah lancar.” Tutur Bapak Bashirun, S.Ag. sebagai teknisi pada pelaksanaan ujian  ANBK.

Untuk pelaksanaan ANBK sendiri secara teknis para siswa tidak mengalami banyak kendala pada saat gladi bersih maupun ANBK tersebut mungkin hanya 2% dari seluruh siswa yang melakanakan ujian ANBK. Para siswa merasakan sedikit grogi sebelum pelaksanaan gladi bersih maupun ujian ANBK karena pelaksanaan ANBK ini menentukan mutu dari sekolah ini dan mutu sekolahan ini akan berdampak untuk para siswa sendiri mencari sekolah kedepannya. Secara keseluruhan para siswa dapat mengerjakan seluruh soal yang di berikan.

Oleh: Angelica dan Nur Hamidah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Design by Cak Imin | | Agus Muhaimin