MATSAMA HARI KE-4 MADRASAH ALIYAH AL-MUAYYAD SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

MATSAMA HARI KE-4 MADRASAH ALIYAH AL-MUAYYAD SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Surakarta- MA Al-Muayyad Surakarta melaksanakan MATSAMA (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) hari ke-4 bertempat di ruang kelas lantai satu Madrasah Aliyah. Jum’at (22\7)

Rangkaian kegiatan MATSAMA diselenggarakan oleh pengurus DAP MA Al-Muayyad dan diikuti oleh 80 peserta didik baru MA Al-Muayyad Surakarta. Kegiatan MATSAMA hari keempat diawali dengan pengenalan panitia penyelenggara kegiatan  MATSAMA Dewan Ambalan Penegak (DAP)
Kegiatan MATSAMA hari keempat diawali dengan membaca basmalah. Sambutan pertama pembina DAP MA Al-Muayyad Surakarta oleh Bapak Drs.Hady Wiyata., dalam sambutannya menjelaskan mengenai sejarah Madrasah Aliyah mulai dari kemunculan hingga perkembangan di masa kini

Materi kedua disampaikan oleh Ibu Satna Deswandari beliau menyampaikan materi tentang SKU dan SKK.
“SKU adalah Syarat Kecakapan Umum. SKU tersebut dibagi menjadi 2 tingkatan yaitu Penegak Bantara dan Penengak Laksana. Kalau ingin menjadi Bantara harus ujian SKU. Ujian SKU diuji oleh Pembina kakak bantara. Buku SKU ada 1– 3 butir, 75% nya harus diujikan agar bisa menjadi bantara. SKU berfungsi agar seorang anggota bisa mempunyai kecapakan umum. Kecakapan umum sebagai syarat agar bisa menjadi bantara. Materi SKU disampaikan setiap kegiatan rutinan pramuka. Misalnya materi tali temali dan perkembangan reproduksi. Pelaksanaan ujian SKU tidak dilakukan serentak, tetapi bersifat individual. Kemudian jika sudah melaksanakan ujian bisa menjadi bantara. Siswa yang sudah menjadi bantara akan diberi TKU. TKU adalah tanda kecakapan umum, sedangkan SKK adalah syarat kecakapan khusus. SKK ini sifatnya tidak wajib karena SKK menyesuaikan keterampilan minat dan bakat, pengujinya pun dilakukan oleh orang yang suda ahli. Contohnya keterampilan menjahit dilakukan oleh ahli jahit. SKU dan SKK  harus dapat dipertanggungjawabkan. Kalau SKU dapat TKU, kalau yang SKK dapat TKK.  TKK itu tanda Kecakapan Khusus.”
Pada materi ketiga di isi dengan ragam upacara dan keterampilan penegak . Materi tersebut disampaikan oleh Bapak Eko Rohmadi, S.Ag. dan Bapak Muhammad Abdul Rozaq, S.Ag.

Oleh: Lutfia Putri dan Angelica Dewi Agustin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Design by Cak Imin | | Agus Muhaimin