MATSAMA HARI KE-3 MADRASAH ALIYAH AL-MUAYYAD SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

MATSAMA HARI KE-3 
MADRASAH ALIYAH AL-MUAYYAD SURAKARTA 
TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Surakarta- MA Al-Muayyad Surakarta melaksanakan MATSAMA (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) hari ke-3 bertempat di ruang kelas lantai satu Madrasah Aliyah. Kamis (21/7).

Rangkaian kegiatan MATSAMA diselenggarakan oleh pengurus IPMA MA Al-Muayyad dan diikuti oleh 80 peserta didik baru MA Al-Muayyad Surakarta. Kegiatan penutupan MATSAMA hari ketiga diawali dengan membaca beberapa doa- doa, diantaranya basmalah, doa belajar dan Asmaul Husna. Memasuki acara pertama yang diisi oleh Ibu Siti A Nur Hadjarningrum, S.Si. dan Ibu Najibah Samiyah, S.Pt. menjelaskan tentang Program Riset.

“ Sosialisasi ini berisi tentang informasi laboratorium yang ada di Madrasah Aliyah yaitu Lab. Fisika, Lab. Kimia, dan Lab. Biologi. Selain itu pemberian arahan tentang K3 ( keselamatan dan kesehatan kerja) saat di laboratorium. Beberapa hal yang harus dilakukan saat pratikum, diantaranya menentukan judul/tema, hipotesis, melakukan pengamatan, analisis, kesimpulan, dan menjelaskan alat-alat yang tersedia di laboratorium. Manfaat yang dapat diambil dari progam riset ini anak-anak dapat berhati-hati saat melakukan eksperimen, pembelajaran menjadi tidak membosankan, pahamdalam membuat laporan praktik, mengetahui alat alat praktikum, dan dapat mengetahui urutan-urutan dalam suatu pembelajaran praktikum. Diharapkan siswa dapat berhati-hati ketika berada di laboratorium, karena praktikum ini sangat beresiko.” Jelas Ibu Siti A Nur Hadjarningrum selaku pemateri.

Acara yang kedua diisi oleh Bapak Yusuf Anshori S.Pd.I dan Ibu Choyrun Nisa, S.Ag., M.Pd. tentang Program Keterampilan. Kegiatan ini dilakukan dengan meminta para siswa-siswi untuk menuliskan bakat mereka agar guru dapat memilahnya.  

“ Hal yang ditekankan pada sosialisasi ini bahwa setiap orang memiliki keterampilan dan bakat masing-masing. Setiap anak memiliki sesuatu yang unik dalam dirinya, hal ini dapat dikembangkan dengan mengasahnya secara terus-menerus. Dilihat dari hobi anak, kemudian dikembangkan menjadi bakat, lalu bisa membuahkan prestasi untuk anak tersebut. Pengaplikasian program ini dengan cara mengasah kepercayaan diri anak “ terang bu Choyrun Nisa selaku narasumber. 

Penutupan acara  MATSAMA  dihari ke empat dan diakhiri dengan pembagian hadiah yang terbagi menjadi Juara Kaligrafi, Siswa  Aktif, dan Kelompok Terbaik. Acara ini ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Eko Rohmadi S.Pd.I. 

Oleh: Aqila Najma N dan Triandita Nafisa 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Design by Cak Imin | | Agus Muhaimin