Pengembangan RPP Menyambut Kurikulum Merdeka Madrasah Aliyah Al-Muayyad Surakarta Tahun Pelajaran 2022/2023

Pengembangan RPP Menyambut Kurikulum Merdeka
Madrasah Aliyah Al-Muayyad Surakarta 
Tahun Pelajaran 2022/2023


Surakarta – MA Al-Muayyad Surakarta Melaksanakan workshop dengan narasumber Bapak Ahmad Munif, M. Hum. yang dilaksankan di ruang kelas. Kamis (14/07) 

Penyediaan dukungan Kurikulum Merdeka yang diberikan oleh Kemendikburistek bertujuan memberikan dukungan pembelajaran  secara mandiri. Dukungan pendataan melalui jalur mandiri akan mengetahui calon satuan pendidikan yang terdata berminat dan akan memperoleh pendampingan pembelajaran untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Sehingga guru, kepala sekolah dan pengawas serta aktor lain dapat mengadakan kegiatan berbagi praktik baik Kurikulum Merdeka dalam bentuk seminar maupun lokakarya secara mandiri.

Bapak Abdul Munif, M. Hum selaku narasumber dan pengawas pembina SMA Kota Surakarta memberikan pemamparan materi terkait Kurikulum Merdeka, bahwa  “Kurikulum Merdeka disesuaikan dengan karekteristik lingkungan sekolah. Jika sekolah berbasic pondok maka ditonjolkan pada karekteristik pondok, kurikulum merdeka harus sesuai dengan minat & bakat siswa, kemudian diadakannya diferensiasi yang akan memunculkan projek dan projek ini tidak memiliki hubungan dengan pelajaran, kurikulum ini lebih fleksibel. Pada tingkat SMA/MA memasuki fase E dan F, fase E untuk kelas X dan fase F untuk kelas XI dan XII". Demikian pungkasnya.

Platform Merdeka Mengajar menyediakan referensi bagi guru untuk mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka, dengan tersedianyab fasilitas  fitur mengajar, fitur perangkat ajar yang dapat digunakan oleh guru dan tenaga kependidikan dalam mengembangkan diri. Saat ini tersedia lebih dari 2000 referensi perangkat ajar berbasis Kurikulum Merdeka. Fitur asesmen murid yang dikembangkan untuk membantu guru dan tenaga kependidikan melakukan analisis diagnostik terkait kemampuan peserta didik dalam literasi dan numerasi dengan cepat sehingga dapat menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan peserta didik.

“Kurikulum Merdeka ini memiliki Filosofi yaitu "Petani Menanam Padi" yang diartikan bahwa seorang petani harus memilih benih padi berkualitas, memilih lahan, pembibitan, perairan dan melakukan perawat dengan sebaik mungkin untuk menghasilkan padi yang bagus”. Demikian tambahan atas pungkasnya.

Oleh: Tyavan mirantino

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Design by Cak Imin | | Agus Muhaimin