Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Peningkatan Karier Guru-Guru Madrasah aliyah Al-Muayyad Surakarta

Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas 
Bagi Peningkatan Karier Guru-Guru Madrasah aliyah Al-Muayyad Surakarta

Surakarta – MA Al-Muayyad Surakarta melaksanakan workshop dengan narasumber Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si., M.Pd. yang dilaksanakan di ruang kelas. Sabtu (16/07)

Penelitian Tindakan Kelas  (PTK) adalah penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru atau praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. PTK dapat diartikan sebagai proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri. Hal ini berupaya untuk memecahkan masalah dengan cara melakukan berbagai tindakan yang terencana, dalam situasi nyata serta menganalisis setiap pengaruh dari perlakuan tersebut. 

Dwi Titik Irdiyanti, S.Si., M.Pd. mengemukakan kunci dari PTK adalah perubahan, perbaikan, peningkatan. Hal yang harus diperhatikan dalam PTK adalah mencari permasalahan dikelas, kemudian mencari solusi dengan cara merefleksi metode pembelajaran, dalam membuat PTK formatnya seperti kajian ilmiah. 

Tujuan penelitian tindakan kelas adalah untuk mengubah perilaku mengajar guru, perilaku peserta didik di kelas, peningkatan atau perbaikan praktik pembelajaran, dan atau mengubah kerangka kerja melaksanakan pembelajaran kelas yang diajar oleh guru tersebut. Sehingga terjadi peningkatan layanan profesional guru dalam menangani proses pembelajaran .Selain itu, manfaat dari adanya PTK  adalah meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran di kelas, mengembangkan kinerja profesionalisme guru, melatih guru untuk menjadi pemecahan masalah yang andal, melatih kreativitas guru dan meningkatkan kualitas lembaga sekolah

“ Tanggapan saya terkait workhshop PTK  sangat bermanfaat untuk Bapak/ Ibu guru dalam meningkatkan hasil pembelajaran murid dan jika pembelajaran yang disampaikan tidak mencapai harapan guru maka dilakukannya penelitian agar dapat diketahui penyebab dan solusinya. Pengaruh PTK dalam proses pembelajaran sangat luar biasa untuk para guru yang membuat laporan PTK. Sifat dari PTK sendiri masih belum diwajibkan bagi Bapak/Ibu guru Madrasah Aliyah, namun jika hasil yang diharapkan tidak sesuai target maka guru dapat membuat PTK. “ Terang Bapak Moh.Rodlin selaku Kepala Madrasah. 

Oleh: Triandita Nafisa dan Tyavan Mirantino

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Design by Cak Imin | | Agus Muhaimin