SCREENING KESEHATAN ANAK USIA SEKOLAH DI MADRSAH ALIYAH AL MUAYYAD SURAKARTA TAHUN 2023






Surakarta- Madrasah Aliyah Al Muayyad mengadakan screening kesehatan oleh UPT Puskesmas Purwosari bertempat di aula Madrasah Aliyah Al Muayyad Surakarta (07/10)

Screening adalah sejumlah pemeriksaan kesehatan yang dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang. Pemeriksaan ini penting karena bisa membantu mendeteksi penyakit lebih dini, sehingga pengobatan bisa segera dilakukan.

Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah (Skrining) adalah salah satu bentuk dari pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin serta tersedianya data atau informasi untuk menilai perkembangan kesehatan peserta didik.

Dalam penjaringan anak sekolah juga dilakukan deteksi dini kesehatan intelegensia remaja sebagai suatu upaya pemeriksaan awal untuk menemukan secara dini adanya gangguan modalitas belajar yang dapat berpotensi mengakibatkan terjadinya kesulitan belajar pada remaja sehingga dapat segera dilakukan tindakan intervensi. Selain itu juga diperoleh pemahaman tentang karakteristik remaja, potensi yang dimiliki, hal hal yang menghambat potensi dan cara mengembangkan potensinya tersebut. Setelah diketahui maka dapat direncanakan upaya peninngkatan kualitas kesehatan intelegensia sehingga remaja tersebut dapat mengoptimalisasikan hasil belajarnya, serta orangtua dan guru dapat memberikan dukungan dan bimbingan sesuai dengan potensi dan cara belajar unik yang dimiliki setiap remaja. Modalitas belajar adalah cara kerja otak kita dalam menyerap, memproses dan menyimpan informasi yang diperoleh melalui panca indera secara optimal

Kegiatan ini diikuti seluruh siswa dan siswi kelas 10 Madrasah Aliyah Al Muayyad Surakarta sebanyak 84 siswa dan siswi. Screening Kesehatan yang dilaksanakan oleh UPT Puskesmas Purwosari dibantu oleh Ekstra Kulikuler PMR Madrasah Aliyah Al Muayyad Surakarta

Pemeriksaan Screening ini meliputi:

-Pemeriksaan Kesehatan Kulit

-Pemeriksaan Kesehatan Mata

-Pemeriksaan Kesehatan Gigi

 

Oleh : Sabrina Azzahra 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Design by Cak Imin | | Agus Muhaimin