Perlombaan MTQ Tingkat Kecamatan Laweyan

Perlombaan MTQ Tingkat Kecamatan Laweyan
  
Surakarta – MA Al-Muayyad surakarta mengikuti perlombaan MTQ Tingkat kecamatan Laweyan bertempat di SMPN 15 Surakarta. Ahad (5/6)
Musabaqoh Tilawatil Qur'an bukanlah sekedar lomba untuk mencari qori-qoriah dan hafid hafidzah terbaik, akan tetapi MTQ adalah suatu upaya konkrit umat Islam untuk menggali nilai-nilai luhur yang terkandung didalam Al-Quran supaya dijadikan sebagai pedoman hidup. 
MTQ telah ada di Indonesia sejak 1940-an, ditandai berdirinya Jami'iyyatul Qurro Wal Huffadz yang didirikan oleh Nahdlatul Ulama, ormas terbesar di Indonesia. Sejak 1968, saat Menteri Agama dijabat K.H. Muhammad Dahlan (salah seorang ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) MTQ dilembagakan secara nasional.

‘’Alhamdulillah pelaksanaan MTQ tingkat kecamata tidak ada kendala, hanya saja ada satu anak belum ada pengalaman untuk mengikuti kompetisi karena saingan di tingkat kecamatan tidak terlalu ketat”. Ujar Bu Nisa selaku pembimbing.
MA Al-Muayyad mengirimkan perwakilan empat peserta (2 putra dan 2 putri) dengan 2 kategori. MA Al-Muayyad membawa pulang 4 piala dengan hasil prestasi yang memuaskan Hasil prestasi MTQ tingkat kecamatan Laweyan:
Muhammad Barran Najih ( Juara 1 Tilawah & Hafalan 5 juz )
Tsabbit Maula Ahmad ( Juara 1 Tilawah )
Afifah Nurul Hafidzi ( Juara 1 Tilawah & Hafalan 5 juz )
Alivia Restu Sri Wijayanti ( Juara 1 Tilawah )

Tujuan diadakannya MTQ adalah untuk mendekatkan jiwa umat Islam kepada kitab suci dan meningkatkan semangat membaca, mempelajari, serta mengamalkan Al-Qur'an. Adapun konsep perlombaan yang dibawa oleh MTQ tidak bertentangan dengan nilai-nilai Islam.
“Persiapan saya untuk menghadapi perlombaan MTQ tingkat kecamatan, latihan selama kurang lebih 2 bulan bersama ketiga teman perjuangan dan pembimbing dengan penuh  tekad yang kuat serta istiqomah. Usaha saya selain rajin latihan juga menghindari makanan dan minuman yang dapat membuat suara menjadi buruk serta istirahat yang cukup”. Ucap Muhammad Barran Najih Pemenang juara 1 MTQ.
Oleh: Tyavan Mirantino dan Sabrina Azzahra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Design by Cak Imin | | Agus Muhaimin