PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SISWI MELALUI KEGIATAN PRAMUKA MA AL-MUAYYAD SURAKARTA


Surakarta-MA Al Muayyad Surakarta mengadakan kegiatan scout meeting dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan 1443 H bertempat di MA Al Muayyad Surakarta. Sabtu (12/3)
Kegiatan scout meeting adalah ajang pembentukan karakter, keterampilan, dan mental siswa- siswi MA Al-Muayyad Surakarta melalui saluran media belajar nonformal yaitu kegiatan pramuka. Agenda acara scout meeting diawali dengan sambutan pembimbing pramuka dan pradana-pradani, setelah itu dibacakan tata tertib kegiatan tersebut kepada 17 sangga. Untuk sampai garis finish setiap sangga harus melewati 5 pos yang telah disiapkan oleh panitia DAP MA Al-Muayyad Surakarta
“Diadakannya kegiatan scout meeting ini bertujuan untuk melatih anggota pramuka penegak untuk lebih menguasai dan terampil dalan melaksanakan kegiatan kepramukaan yang bermanfaat.” terang Hady Wiyata selaku pembimbing pramuka.
Panitia membentuk beberapa pos untuk melatih keterampilan kepramukaaan seperti membuat tandu, tali-temali, semaphore, morse, dan PBB. Semua sangga diberikan kertas penilaian untuk hasil perjalanan pos mereka.
“Harapan kedepanya untuk kegiatan pramuka MA Al-Muayyad lebih didiplin agar rencana kegiatan yang telah dirancang dengan matang dapat berjalan lancar.” ujar pradani Hanifa Citra.
Salah satu peserta Rima Raudhatul memberikan tanggapan mengenai kegiatan scout meeting, “Bahwa kesan saya dalam mengikuti kegiatan ini sedikit menggemaskan, seru, dan membuat diri semakin bersemangat untuk mengikut kegiatan pramuka lagi.  
Kegiatan pramuka ini menghasilkan satu sangga putra dan putri terbaik. Pemilihan dilakukan oleh panitia dengan kriteria yang ditentukan. Salah satu sangga terbaik putra dimenangkan oleh Umar bin Khattab 5 dan satu sangga terbaik putri oleh Siti Khodijah 3. Kegiatan tersebut ditutup dengan pembacaan pemenang dan penyerahan hadiah serta makan bersama.

Disusun oleh: An Naafi Khoyrunnisaa dan Tim Jurnalistik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Design by Cak Imin | | Agus Muhaimin